Tips Memilih Menu Sarapan Pagi Sehat Yang Tepat

Tips Memilih Menu Sarapan Pagi Sehat Yang Tepat

Seperti yang sudah kita ketahui, sarapan adalah hal yang sangat penting sebelum beraktivitas di pagi hari. Oleh karena itu, menu sarapan pagi sehat yang tepat harus kamu ketahui.

Menentukan menu sarapan yang tepat sangat penting. Jangan sampai karena tidak tahu menu sehat, manfaat dari sarapan pagi tidak kamu dapat dengan baik.

Sayangnya, banyak yang melewatkan sarapan pagi. Alasannya juga beragam, misalnya tidak sempat, tidak ada bahan dan sebagainya.

Kenapa Harus Sarapan di Pagi hari

Kenapa kamu harus sarapan? Yang pasti, sarapan memiliki banyak manfaat. Misalnya, menjadi sumber energi pertama setelah berjam-jam tubuh tidak mendapat asupan makanan.

Sarapan juga menekan keinginan ingin menyantap makanan berlebihan di siang hari. Pasalnya, tubuh sudah mendapat asupan di pagi hari. Sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Sarapan juga meningkatkan kinerja otak kalian. Mengingat kandungan gula dari sarapan yang kamu santap memiliki glukosa sehat yang bagus bagi tubuh.

Jika tidak sarapan, banyak efek yang biasa kalian dapat. Misalnya, tidak bisa konsentrasi saat bekerja. Tubuh tidak fit dan terkesan sangat lemas dan masih banyak lainnya.

Tips Memilih Menu Sarapan Pagi Sehat Yang Tepat

Menu sarapan pagi yang kalian santap juga harus diperhatikan. Jangan sampai asal pilih menu yang akhirnya berimbas pada asupannya. Berikut tips memilih menu sarapan yang paling tepat :

  1. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan lemaknya rendah, contohnya telur.
  2. Pastikan porsi menu sarapan pagi yang kamu makan tidak berlebihan karena bisa mengarah ke obesitas.
  3. Tidak disarankan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti daging ataupun kuah bersantan.
  4. Sebisa mungkin menu sarapan pagi harus ada kandungan serat yang tinggi, misalnya buah-buahan, sayuran dan sereal.
  5. Pilih menu sarapan yang mudah disiapkan, contohnya telur dadar, roti gandum, telur rebus, buah dan sayuran.
  6. Hindari makanan instan seperti mie instan, bubur instan dan makanan siap saji lainnya.

Contoh Menu Sarapan Yang Tepat dan Tidak Tepat

Meskipun sederhana tapi tetap saja, kamu harus memperhatikan menu sarapan yang sedang dikonsumsi. Ada beberapa menu sarapan yang cocok dikonsumsi, contohnya :

  1. Roti gandum atau oatmeal
  2. Jus buah
  3. Susu
  4. Telur rebus
  5. Kentang

Kandungan di menu tersebut sangat bagus untuk tubuh karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga memperbaiki konsentrasi otak.

Selain makanan yang direkomendasikan, ada juga beberapa makanan yang tidak disarankan untuk disantap di pagi hari. Berikut menu tersebut :

  1. Makanan daging hasil olahan seperti ham, sosis dan bacon.
  2. Makanan bersantan
  3. Mie instan
  4. Makanan siap saji
  5. Bubur instan

Melihat pentingnya sarapan, usahakan sarapan di pagi hari. Luangkan sedikit waktu untuk membuat sarapan sehat agar aktivitas tetap terjaga sepanjang hari.

Bagi yang tidak punya waktu untuk memasak, disarankan menyediakan susu dan roti di pagi hari untuk ganjal perut sebelum beraktivitas.

Related Posts

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy