Samakah Kandungan Kafein Dalam Kopi, Teh Dan Coklat?

Samakah Kandungan Kafein Dalam Kopi, Teh Dan Coklat?

Apa yang kamu ketahui mengenai kafein? Sneyawa kafein merupakan jenis senyawa yang identic dengan kopi. Kafein termasuk senyawa golongan stimulan yang bisa ditemukan dalam produk pangan. Nama lain kafein adalah trimethylxanthine dan kerap disamakan dengan beberapa senyawa obat – obatan seperti kokain dan amfetamin yang bisa menstimulasi otak. Kafein biasanya ditemukan dalam kopi seperti Nescafé Gold, teh ataupun cokelat.

Baik kopi, teh maupun coklat merupakan jenis – jenis minuman yang sering dikonsumsi dalam keseharian oleh masyarakat. Ketiga jenis minuman ini selain memiliki rasa lezat juga bisa mendukung mood dan mampu menstimulasi otak untuk tenang. Sebab itu, konsumsi kopi dalam kemasan seperti Nescafé Gold, ragam produk teh dan coklat dalam sehari terkadang dibutuhkan. Terlebih ketika punya bad day atau lagi badmood agar lebih rileks. Tak jarang juga ketiga jenis minuman ini dikonsumsi untuk menemani mengerjakan tugas dan deadline.

Amankah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein? Konsumsi produk yang mengandung kafein sendiri aman dikonsumsi tubuh asalkan dalam ambang batas penerimaan tubuh. Jumlah kafein yang aman dikonsumsi tubuh adalah 200 – 400 mg per harinya. Bila dikonversikan akan setara dengan konsumsi kopi 2 – 4 cangkir atau 4 – 8 cangkir teh. Tentunya bila mengkonsumsi kopi kemasan seperti Nescafé Gold, kamu bisa menyesuaikan dengan takaran sajinya.

Konsumsi minuman dengan kandungan kafein sejatinya boleh dilakukan. Bahkan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi dengan tepat. Yang dimaksudkan adalah mengonsumsi teh, kopi dan cokelat sesuai takaran dan juga tidak menambahkan bahan tambahan ke dalamnya seperti susu, gula ataupun creamer. Namun, kamu bisa mengkonsumsi Nescafé Gold selama tidak berlebihan dan dijadikan menu minuman harian.

Kandungan kafein dalam teh, kopi dan cokelat sendiri berbeda. Dimana kopi memang memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh dan cokelat. Berikut ini merupakan kandungan kafein dalam secangkir teh, cokelat dan kopi yang bisa membantu kamu dalam melakukan perbandingan.

  •         Teh       : 24 – 45 mg (teh hijau), 14 – 70 mg (teh hitam), 5 – 40 mg (teh kemasan)
  •         Coklat : 10 – 70 mg (coklat panas), 20 – 60 mg (coklat bar)
  •         Kopi : 95 – 200 mg

Kafein dalam tubuh memang mampu memiliki efek positif. Jumlah kafein yang tepat dalam tubuh dan dikonsumsi dalam waktu yang tepat mampu menunjang kesehatan tubuh. Baik teh, cokelat dan kopi kaya akan antioksidan. Dimana kandungan ini baik untuk meremajakan sel dalam tubuh karena bisa menangkal radikal bebas. Kandungan ini baik untuk menunjang kesehatan tubuh tiap hari.

Kamu bisa mengonsumsi kafein pada pukul 09.30 – 11.30 waktu setempat. Pada waktu tersebut, hormon kortisol dalam tubuh sedang rendah sehingga mampu memberikan efek positif pada tubuh. Usahakan juga tidak mengonsumsi kafein menjelang makan atau tidur ya!

Related Posts

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy