Mengenal Beragam Jenis Tali Karmantel

Mengenal Beragam Jenis Tali KarmantelUntuk Anda yang suka berolahraga di alam bebas, mengetahui beragam jenis tali adalah hal yang sangat penting. Seperti yang diketahui, tali menjadi bagian mendasar dalam sebuah petualangan dan juga berpengaruh pada keselamatan. Nah, terkait tali tersebut, apakah Anda pernah mendengar tentang tali karmantel sebelumnya?

Nah, karmantel adalah salah satu jenis tali yang secara khusus dibuat untuk menunjang beragam aktivitas alam bebas yang dilakukan seperti climbing atau olahraga ekstrem lainnya. Tidak hanya itu, tali ini pun juga digunakan untuk keperluan rescue.

Berbincang tentang tali karmantel, ada beberapa jenis tali ini yang tersedia dan perlu diketahui. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Jenis Tali Karmantel yang Perlu Diketahui

Seperti yang disinggung sebelumnya, memilih tali yang tepat untuk keperluan outdoor adalah hal yang penting karena berhubungan dengan keselamatan. Hal inilah yang mendasari pentingnya Anda mengetahui beragam jenis tali karmantel.

Adapun beragam jenis tali karmantel yang perlu Anda ketahui dan dipilih mana yang sesuai kebutuhan adalah:

  1. Tali karmantel dinamis

Jenis tali karmantel yang pertama adalah karmantel dinamis. Ini adalah produk tali yang memiliki kelenturan dan bisa meregang hingga 30 persen daripada ukuran aslinya.

Bisa dikatakan bahwa persentase kelenturan dari tali ini cenderung cukup tinggi. Hanya saja, apabila jenis tali karmantel ini terkena gesekan secara langsung atau terkena bahan yang cenderung korosif seperti cat dan aki, maka tali karmantel ini akan cenderung lebih mudah rusak.

  1. Tali karmantel statis

Tali karmantel statis merupakan jenis tali karmantel yang bisa meregang sekitar 15 persen dari ukuran aslinya. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa jenis tali karmantel yang satu ini cenderung lebih keras dan juga lebih kaku dibandingkan dengan jenis karmantel dinamis.

Nah, dilihat dari spesifikasi yang dimiliki, tali karmantel yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan replying. Sekilas, fisik dari karmantel statis cenderung mirip dengan tali karmantel dinamis. Akan tetapi, jika diperhatikan secara saksama, Anda akan menemukan adanya perbedaan tekstur.

  1. Tali karmantel semi dinamis

Jenis tali karmantel lainnya yang tersedia dan bisa dijadikan opsi adalah tali karmantel semi dinamis. Ini adalah jenis tali karmantel yang paling sering digunakan untuk panjat tebing.

Tali karmantel ini memiliki karakteristik yang tidak terlalu lentur ataupun juga tidak terlalu kaku. Oleh karenanya, jenis tali karmantel semi dinamis mampu menahan berat dan tekanan dengan cukup baik dan bisa diandalkan.

Beberapa poin di atas adalah ragam jenis tali karmantel yang tersedia di pasaran. Nah, Anda bisa membandingkan beberapa jenis tali karmantel      tersebut dan memilih mana tali karmantel yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan Anda membeli tali karmantel yang berkualitas untuk keamanan yang lebih terjamin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

© 2022 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy