Mau Sehat? Hindari 5 Makanan Olahan yang Ternyata Kalorinya Tinggi!

Mau Sehat? Hindari 5 Makanan Olahan yang Ternyata Kalorinya Tinggi!

Di masa pandemi ini, kita diingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan. Namun, pada kenyataannya, menjaga kesehatan itu tidak mudah lho. Kamu perlu memastikan kebutuhan kalori kamu tercukupi dengan pas, tidak lebih dan tidak kurang.

Mudahnya, kamu bisa menggunakan kalkulator kalori. Setelah memasukan umur, jenis kelamin, dan berapa seringnya kamu berolahraga, kamu bisa mendapat kisaran asupan kalori harian yang perlu kamu jaga setiap harinya.

Nah, setelah mengetahui hal ini, apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai hidup sehat? Mudahnya hindari makanan dan minuman yang tidak sehat dan berkalori tinggi. Dengan begitu, kamu pun bisa mengontrol berat badan dengan lebih mudah.

Berikut 5 jenis makanan dan minuman olahan yang sebaiknya kamu hindari.

1. Kue Kering

Mungkin kue kering cocok untuk dijadikan pengganjal lapar sembari menunggu waktu makan. Namun kandungan gula dalam kue kering dapat menyebabkan kalori berlebihan. Terutama jika kamu konsumsi dalam porsi yang banyak.

Selain itu, kandungan lainnya seperti mentega dan tepung juga mempunyai kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi. Maka dari itu, ada baiknya kamu was-was dengan jumlah kue kering yang kamu makan.

2. Roti Tawar Putih

Banyak orang mengganti nasi putih dengan roti tawar karena dianggap lebih sedikit kalorinya. Namun, tahukah kamu kalau roti tawar ternyata tetap mengandung kalori yang cukup banyak?

Maka dari itu, ada baiknya jika roti tawar ini bisa kamu ganti dengan roti gandum. Faktanya, roti gandum lebih sehat dan mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan roti tawar putih.

3. Santan

Rasanya ada banyak sekali jumlah makanan tradisional Indonesia yang menggunakan santan. Mulai dari gulai, nasi uduk, rendang, soto, dan lainnya. Sayangnya, makanan olahan berbahan dasar santan ini pada umumnya mengandung kalori yang cukup tinggi.

4. Es Krim

Siapa sih yang tidak menyukai makanan satu ini? Namun, sayang sekali konsumsi es krim yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, tentu kalorinya pun sangat banyak.

Maka dari itu, ada baiknya menghindari atau setidaknya mengurangi porsi konsumsi es krim. Jangan terlalu sering dan porsinya dibuat lebih sedikit. Kamu pun juga bisa memilih untuk membuatnya sendiri dengan bahan rendah lemak, atau mencari toko es krim rendah kalori yang lebih sehat.

5. Jus Kemasan

Membeli jus kemasan memang terkesan lebih praktis. namun, jus kemasan ternyata mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu banyak juga bahan-bahan Kimiawi, seperti pengawet dan pemanis buatan, yang tidak sehat bagi tubuh kamu.

Maka dari itu, biasakan untuk membuat jus sendiri di rumah. Pastikan juga bahwa kamu menggunakan bahan-bahan yang sehat seperti buah sebagai bahan utama dan madu sebagai pemanis.

Kalau Sedikit?

Pada dasarnya, yang penting kita bisa mengontrol diri saja. Yang paling tahu kebutuhan tubuh kita adalah diri kita sendiri, selama kita bisa peka akan kebutuhan tersebut.

Namun, untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa lho mengantisipasi risiko kesehatan. Mudahnya saja dengan asuransi kesehatan Super You. Mulai dari Rp50 ribu-an saja kamu sudah bisa terlindungi sesuai tagihan. Gak percaya? Coba cek dulu aja produknya!

Related Posts

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy