Fungsi dan Cara Penggunaan Huruf Kapital yang Benar

Fungsi dan Cara Penggunaan Huruf Kapital yang BenarDi dalam menulis memang ada banyak hal sederhana namun wajib dipahami, salah satunya adalah paham penulisan huruf kapital yang benar. Penempatannya tentu tidak biasa asal-asalan seperti disesuaikan dengan kondisi mood saat menulis atau karena memang suka ditempatkan di situ. Hal ini sangat keliru karena penempatan huruf besar ada aturan khususnya.

Fungsi dan Penggunaan Huruf Kapital

Jika Anda ingin aktif dan produktif menjadi seorang penulis, masalah tanda baca, menyusun kalimat, dan juga penempatan huruf kapital harus paham dan hafal diluar kepala.  Maka, berikut adalah deretan waktu yang dikatakan tepat untuk menggunakan huruf kapital.

1. Sebagai Huruf Pertama di Awal Kalimat

Waktu tepat pertama untuk  penulisan huruf kapital yang benar adalah di awal kalimat. Hal ini tentu  saja diketahui oleh semua orang dan sudah dipelajari sejak masuk bangku Sekolah Dasar (SD).

Pada awal kalimat baik itu di paragraf pertama maupun kalimat kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya dalam paragraf akan memakai huruf kapital. Jadi, setelah tanda titik maka untuk memulai kalimat baru akan digunakan huruf besar tadi. Contohnya, Dia menulis sebuah catatan. berharap bisa menulis sebuah buku.

2. Sebagai Huruf Pertama di Kalimat Petikan Langsung

Tak hanya digunakan untuk memulai suatu kalimat dan paragraf, huruf besar juga dipakai untuk memulai sebuah kalimat petikan. Kalimat petikan ini biasanya muncul untuk memulai perkataan seseorang, baik yang menjadi sumber maupun objek tulisan tersebut.

Kalimat petikan mudah ditemui dalam novel, artikel di surat kabar, dan sebagainya. Contohnya, Rini kemarin bertanya kepada Dika mengenai buku favoritnya, “Dika, kamu tahu judul buku favorit aku yang sering tak baca di depan rumah?”.

3. Menulis Nama Seseorang

Penggunaan huruf kapital yang benar juga dilakukan saat menulis nama seseorang, hal ini juga berlaku untuk julukan. Maka dari itu,  saat menuliskan nama orang, maka wajib memakai huruf besar di awal.  Hal ini juga dilakukan jika ada julukan di depan nama tersebut, maka di julukan dan nama masing-masing menggunakan satu huruf besar. Contohnya adalah, Jenderal Soedirman, Dokter Aji, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan tentang penggunaan huruf kapital yang benar, fungsi, tata cara penggunaan dan contoh huruf kapital dalam penulisan kalimat secara lengkap. Semoga bermanfaat

Related Posts

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy