5 Efek Samping yang Mungkin Terjadi setelah Konsumsi Amoxilin

Efek Samping yang Mungkin Terjadi setelah Konsumsi AmoxilinKonsumsi obat jenis apapun pasti akan menimbulkan reaksi dalam tubuh. Reaksi ini kemudian akan menimbulkan berbagai jenis efek samping. Begitu juga saat Anda mengonsumsi antibiotik amoxilin, pasti akan ada beberapa efek samping yang dirasakan tubuh. Namun, efek samping ini umumnya hanya bersifat sementara dan bisa diatasi setelah beristirahat.

Efek Samping Obat

Setiap individu mungkin akan menunjukkan efek samping yang berbeda. Tingkat keparahannya juga bisa saja berbeda sehingga cara menyikapinya bisa disesuaikan dengan keparahan efek samping tersebut. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi antibiotik ini:

1. Reaksi Hipersensitivitas

Efek samping pertama yang sangat mungkin terjadi setelah konsumsi antibiotik ini adalah muncul reaksi hipersensitivitas atau alergi. Tanda-tanda yang terjadi sangat umum mulai dari ruam dan gatal pada kulit, bengkak di bagian wajah, hingga sesak napas. Reaksi alergi ini bisa saja berlangsung ringan, namun jika sudah menunjukkan tanda-tanda berat maka wajib dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

2. Pusing

Gejala berikutnya yang menjadi efek samping setelah konsumsi obat ini adalah pusing. Biasanya kondisi ini terjadi karena pasien memiliki riwayat anemia dan tekanan darah rendah. Untuk mengatasi kondisi ini cobalah beristirahat atau berbaring dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Konsumsi obat sakit kepala juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan nyeri tersebut.

3. Nyeri Perut

Beberapa individu juga diketahui menderita nyeri perut setelah mengonsumsi antibiotik amoxilin. Kondisi ini juga merupakan gejala umum efek samping setelah minum obat. Biasanya nyeri perut juga akan disertai dengan mual dan muntah. Beberapa individu juga akan mengalami diare atau gangguan pencernaan yang lain. Konsultasikan ke dokter jika gejala ini terasa semakin berat.

4. Masalah Berkemih

Konsumsi antibiotik jenis ini juga bisa memicu gangguan berkemih. Biasanya efek samping ini muncul saat pasien tidak mengonsumsi obat tanpa aturan dosis. Jika dosis yang dikonsumsi terlalu tinggi maka bisa saja muncul gangguan berkemih seperti rasa sakit saat kencing dan urine berwarna pekat. Agar tidak menimbulkan dampak fatal, penderita gangguan ginjal disarankan tidak mengonsumsi obat ini.

5. Gangguan Pernapasan

Efek samping lainnya yang muncul akibat konsumsi antibiotik ini adalah muncul gangguan pernapasan. Sebenarnya ini merupakan salah satu reaksi alergi dari antibiotik tersebut. Namun kondisi ini bisa berkembang parah sehingga perlu pertolongan lebih lanjut. Jika sesak napas yang dirasakan masih ringan maka bisa beristirahat terlebih dahulu. Jika sudah terasa berat, segera hubungi dokter.

Itulah efek samping yang bisa terjadi setelah konsumsi amoxilin. Obat antibiotik ini sudah banyak diresepkan para dokter untuk menyembuhkan infeksi bakteri. Sangat disarankan untuk berkonsultasi secara lengkap sebelum konsumsi obat ini apabila ada kondisi kesehatan tertentu.

Related Posts

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy