4 Jenis Mesin Kopi yang Harus Diketahui Barista

Jenis Mesin Kopi yang Harus Diketahui BaristaJika Anda sudah atau ingin bekerja di kedai kopi sebagai seorang barista, pasti Anda tidak asing dengan mesin pembuat kopi. Ada baiknya Anda mengetahui berbagai alat yang biasa digunakan untuk membuat kopi dengan lebih praktis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis mesin kopi yang ada di pasaran.

1. Coffee Pod

Jenis yang pertama adalah Coffee Pod. Mesin ini merupakan alat pembuat kopi yang penggunaanya dirasa lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan mesin yang lainnya. Mesin ini sangat cocok buat Anda yang baru terjun di dunia kopi. Meski harganya lebih mahal, namun dengan satu mesin saja sudah bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai variasi kopi.

Untuk membuat secangkir kopi, Anda hanya perlu memasukkan pod atau kapsul kopi ke mesin untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat. Mesin ini juga dilengkapi dengan kantong yang bisa digunakan untuk menakar bubuk kopi supaya tidak berserakan. Selain itu, dalam segi perawatan juga sangat mudah untuk dibersihkan.

2. Espresso

Espresso merupakan bahasa latin yang berarti ekspres atau cepat. Espresso sendiri sebenarnya bukan salah satu variasi dari olahan kopi. Melainkan mesin pembuat kopinya sendiri. Mesin kopi ini bisa mengolah kopi dari biji dan juga bubuk yang nantinya akan dijadikan secangkir kopi. Umumnya, mesin ini biasa dijumpai di kafe-kafe.

Sekedar informasi, mesin espresso sangat bervariasi, mulai dari fungsi, model, ukuran, kecanggihan hingga harganya yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan Anda. Bagi seorang barista, mesin ini sangat mudah dioperasikan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memahami bagaimana cara menggunakannya.

3. French Press

French press merupakan jenis alat pembuat kopi yang baru dipatenkan oleh Attilio Calimani pada 1929. Meski dipatenkan oleh orang Italia, mesin jenis ini dipopulerkan perusahaan Bodum asal Denmark dan Household Articles Ltd dari Inggris.

Mesin French press didesain dengan bentuk tabung silinder yang dilengkapi dengan penutup logam. Umumnya tabung silinder ini terbuat dari bahan plastik bening atau kaca yang dilengkapi dengan kawat nilon kokoh atau penyaring nilon.

Mesin jenis ini sangat cocok digunakan untuk mengolah biji kopi yang agak kasar, supaya kopi yang dihasilkan tidak terlalu berampas dan pahit. Untuk penggunaannya sendiri, mesin ini biasa digunakan di warung kopi dan juga kantor.

4. Vietnam Coffee Drip

Vietnam coffee drip merupakan mesin pembuat kopi yang cocok digunakan untuk membuat secangkir kopi pekat kelas premium. Mesin jenis ini awalnya digunakan oleh warga Vietnam saat ingin membuat secangkir kopi. Sebab itulah alat ini dinamakan Vietnam coffee drip.

Selain untuk menghasilkan secangkir kopi murni, hasil tetesan ekstraksi biji kopi juga sangat cocok ditambahkan dengan susu kental manis, untuk dijadikan kopi susu yang tidak kalah nikmatnya. Alat pembuat ini biasanya juga digunakan di warung kopi.

Itu dia beberapa jenis mesin kopi yang bisa digunakan di beberapa kafe, kedai maupun warung kopi yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui berbagai jenis mesin yang digunakan untuk membuat kopi tersebut, akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan diri sebelum melamar kerja menjadi barista.

© 2021 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy