4 Bahan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang

4 Bahan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan hal yang paling menjengkelkan sebab bisa mengakibatkan rasa nyeri pada penderita. Kasus gigi berlubang di Indonesia cukup tinggi disebabkan oleh kesadaran menjaga kebersihan gigi yang minim. Penumpukan plak dan karang gigi merupakan salah satu penyebab gigi Anda menjadi berlubang, apalagi Anda tidak rutin menyikat dan membersihkan gigi dengan baik. Sebaiknya Anda rutin melakukan scaling gigi di dokter gigi profesional setidaknya 1-2 kali dalam setahun.

Mengatasi Gigi Berlubang

Bila Anda memiliki masalah gigi berlubang, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kondisi pandemi yang membuat Anda tidak bisa berkunjung ke klinik saat gigi terasa sakit, maka bisa mencoba cara mengatasi rasa nyeri dengan bahan alami. Berikut rekomendasi bahan alami yang bisa mengatasi gigi berlubang untuk sementara waktu yaitu :

1.                 Air garam

Anda bisa mencoba cara efektif mengatasi rasa nyeri karena gigi berlubang dengan rajin berkumur air garam. Air garam efektif mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan masalah pada gigi seperti berlubang, keropos atau karang gigi.

2.                 Bawang putih

Jika Anda tidak kuat mengunyah bawang putih, maka bisa mencoba cara mengatasi gigi berlubang dengan mengoleskan 1-2 siung bawang putih dan seperempat sendok teh garam ke bagian gigi yang berlubang, diamkan selama sepuluh menit saja. Kumur-kumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa aroma bawang dan garam yang mampu meredakan nyeri sakit gigi berlubang.

3.                 Kunyit

Anda wajib melakukan scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi yang bisa menyebabkan gigi berlubang dalam waktu lama. Bila gigi sudah terlanjur berlubang, segera lakukan penambalan ke dokter gigi terdekat untuk perawatan kesehatan gigi jangka panjang.

Gigi berlubang yang terasa sakit bisa Anda atasi dengan kunyit yang kaya vitamin C. Caranya sangat mudah yaitu berkumur air hangat yang dicampurkan dengan kunyit atau bisa mengoleskan kunyit dan mustard ke bagian gigi dan gusi yang alami peradangan.

4.                 Cengkeh

Anda bisa melarutkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak wijen sebagai bahan celupan kapas. Nantinya kapas bisa Anda tempelkan di bagian gigi yang berlubang semalaman untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang. Bila Anda bisa lebih tahan dalam mengunyah cengkeh, maka pengobatan mengunyah cengkeh sampai menjadi minyak bisa mengatasi rasa sakit tersebut.

Dari beberapa bahan alami yang efektif mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang di atas, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Pastikan saja Anda tidak memiliki riwayat alergi dengan bahan yang disebutkan selama proses pengobatan sakit gigi berlubang secara alami.

Untuk meminimalisir dampak sakit gigi berlubang, sebaiknya Anda rajin melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter. Bila Anda ingin gigi lebih sehat dan bebas dari masalah plak yang sebabkan gigi berlubang, sebaiknya lakukan scaling gigi rutin  minimal sekali dalam setahun.

Related Posts

© 2022 Sabradip Life Blog - WordPress Theme by WPEnjoy